Destinasi Wisata di Dlingo, Alternatif Wisata Alam di Jogja

Wisata Dlingo – Jogja memang selalu istimewa dan tak ada habisnya. Berwisata di Jogja bukan hanya seputar tugu, pantai parangtritis, atau malioboro, masih banyak destinasi wisata lainnya yang harus dikunjungi.

Kabupaten Bantul adalah bagian dari provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, selama ini mungkin hanya terkenal dengan Pantai Parangtritis.

Wisata Dlingo Kebun Buah Mangunan

Wisata Alam Dlingo

Tetapi di sisi timur Kabupaten yang berbatasan dengan Kabupaten Gunung Kidul ini terdapat daerah wisata yang sedang sangat berkembang pesat, yaitu di Kecamatan Dlingo.

Sejak tahun 2012, banyak destinasi wisata yang bermunculan di daerah ini, terutama di Desa Mangunan. Sebut saja Kebun Buah Mangunan, Bukit Panguk, atau Tebing Watu Mabur.

Terletak hanya sekitar satu jam daripusat kota Jogja, lokasi ini bisa menjadi alternatif wisata alam di Jogja selain wisata pantai pasir putih di Kabupaten Gunung Kidul yang jaraknya bisa dua kali lipatnya, atau mungkin anda sudah bosan dengan viewGunung Merapi.

Daya tarik utama dari destinasi wisata di Dlingo ini adalah panorama alamnya yang begitu indah dan banyaknya spotuntuk mengambil foto yang sangat menarik.

Panorama alam berupa kabut tipis pagi hari yang dinikmati dari ujung tebing, matahari tenggelam di sore hari, hingga derasnya air terjun bisa dinikmati saat berwisata ke daerah ini.

Tiket Masuk

Daya tarik lainnya adalah tiket masuknya yang relatif murah dan banyaknya ornamen-ornamen kreatif khas Jogja yang bisa melengkapi koleksi foto anda.

Jika anda merencakanan liburan dengan mengunjungi destinasi wisata di Dlingo, anda bisa berwisata di kawasan ini dari pagi hingga malam.

Rute dan Lokasi Wisata Alam Dlingo Jogja

Berikut contoh rencana perjalanan yang bisa anda coba:

Pertama

Mulailah berangkat dari Jogja sekitar jam 04.30 pagi menuju Kebun Buah Mangunan, dengan tiket masuk Rp 5.000 per orang, berjalanlah ke arah puncak bukit yang ditunjukkan oleh papan penunjuk jalan dan anda bisa menikmati indahnya kabut tipis serta matahari terbit dari ujung tebing di Kebun Buah Mangunan.

Hutan Pinus Dlingo Jogja

Kedua

Saat matahari mulai naik, anda bisa berkunjung ke Hutan Pinus Mangunan. Tidak ada tiket masuk, pengunjung hanya dikenakan biaya parkir saja.

Di sini anda bisa melihat deretan pohon pinus di tempat yang sering digunakan untuk sesi foto pre wedding. Ingat ya, dilarang membuang sampah sembarangan supaya hutan ini tetap bersih.

Ketiga

Cuaca mulai panas, anda bisa mencoba wisata di Air Terjun Lepo. Lagi-lagi tidak ada tiket masuk, hanya sumbangan seikhlasnya.

Lepo adalah destinasi wisata di Dlingo yang menyuguhkan indahnya kolam-kolam alami, air terjun, dan rindangnya pepohonan, menjadikan tempat ini tetap sejuk walaupun di siang hari. Uniknya, permukaan air disini berwarna turqoise,  latar belakang yang bagus untuk berfoto, kan.

Ke empat

Salah satu lokasi untuk menghabiskan sore hari dan memburu matahari tenggelam yang paling romantis adalah di Hutan Pinus Pengger, salah satu hutan pinus lainnya selain Hutan Pinus Mangunan yang tutup pada pukul 16.00.

Terdapat spot foto dengan latar belakang lampu-lampu kota Jogja, dijamin menghabiskan sore bahkan sampai malam di sini bisa jadi pengalaman yang tak terlupakan.

Demikianlah adalah artikel mengenai destinasi wisata di Dlingo, Kab. Bantul. Jika berkesempatan, jangan lupa kunjungi dan eksplorasi Dlingo.

Ya. Karena Jogja tidak melulu kota, wisata alamnya pun tak kalah istimewa. Yuk kita lets go 🙂