Pasar Tomohon, Wisata Kuliner Ektrim di Sulawesi Utara

Pasar Tomohon – Pemandangan menarik akan Anda dapatkan jika berkunjung ke salah satu pasar yang terkenal dengan wisata kuliner unik di Provinsi Sulawesi Utara. Tepatnya jika Anda berkunjung ke pasar Tomohon yang terkenal ramai dan sibuk dengan aktivitas jual beli.

Disitu akan terlihat banyak sekali daging anjing yang terlihat terbakar hangus dijajakan di etalase penjual daging disana. Ya, Anda tidak salah baca, bukan daging sapi apalagi daging kambing. Itu adalah daging anjing.

Disini sudah menjadi hal umum, daging anjing diperjualbelikan oleh para pedagang daging di daerah Minahasa. Bagi sebagian yang lain, pemandangan ini cukup mengerikan.

Melihat dagingnya digantung layaknya daging sapi. Dan para penjual daging dengan santainya memotong-motong dan menyayati untuk ditawarkan kepada para pembeli.

Bagi Anda yang baru pertama kali melihat kondisi seperti ini, sangat wajar bila Anda merasa mual dan muntah di sepanjang jalan menyusuri pasar tomohon.

Pasar ini memang terkenal dengan penjual makanan-makanan aneh nan ekstrim yang terletak di kota Tomohon yang berada dataran tinggi vulkanik Provinsi Sulawesi utara.

Di sepanjang jalan pasar Anda akan melihat berbagai macam daging, mulai dari tikus, ular piton, kelelawar hingga daging monyet hitam yang termasuk dalam hewan langka di Sulawesi.

Sejarah Pasar Tomohon

Bagi suku Minahasa, mereka telah memiliki kebiasaan untuk memakan segala jenis daging hewan. Apapun hewan itu selama dagingnya bisa diolah dan dimakan serta tidak beracun, masyarakat disini akan membeli dan memakannya.

Meski berasal dari daging yang tidak biasa, makanan-makanan yang disajikan disana memiliki rasa lezat dan enak.

Kebiasaan ini berasal dari budaya turun menurun yang diajarkan nenek moyang suku Minahasa berabad-abad yang lalu. Suku Minahasa memang terbiasa hidup di hutan sehingga mereka akan memasak daging hewan apapun yang berada di hutan.

Jika ada babi hutan, mereka makan. Jika ada kura-kura, mereka juga memakannya. Bahkan pada hari-hari besar seperti hari paskah, mereka melahap masakan berbahan daging monyet dan kura-kura seperti daging sapi pada perayaan hari besar.

Mayoritas orang Minahasa saat ini beragama Kristen. Bagi kebanyakan masyarakat lokal, kebiasaan memakan makanan hutan purba merupakan tanda budaya yang luar biasa tangguh dan selalu menjadi kebanggaan bagi setiap orang di suku Minahasa.

Budaya Minahasa adalah budaya yang sangat kuat, tidak peduli seberapa modern dunia ini, mereka akan berpegang pada tata cara adat dan tradisi lama.

Jika Anda memiliki kesempatan berlibur ke daerah Manado atau sekitarnya silahkan berkunjung ke kota Tomohon dan mencoba sensasi baru wisata kuliner di pasar tomohon.

Namun, jika Anda kurang minat dengan wisata kuliner di pasar tomohon, setidaknya ada 5 destinasi wisata alam di kota ini yang akan memanjakan mata Anda mulai dari danau, pegunungan hingga pemandangan bukit yang hijau dan indah.