Air Terjun Madakaripura Probolinggo, Air Terjun Tertinggi di Indonesia

Air terjun Madakaripura – Adalah salah satu air terjun tertinggi di indonesia, dan tertinggi di pulau Jawa. Air terjun ini terletak di desa Sapih kecamatan Lumbang Kabupaten probolinggo Provinsi Jawa Timur. Madakaripura berada di kawasan wisata pegunungan Tengger, tepatnya di kaki gunung Tengger.

Rute dan Lokasi Air Terjun Mandakaripura

Jika Anda ingin melihat bagaimana keindahan Air Terjun Madakaripura ini, maka Anda bisa menggunakan dua rute jalan yakni melalui Kabupaten Malang dan kabupaten Probolinggo.

Untuk menuju ke air terjun ini lebih mudah jika Anda lewat Kabupaten Probolinggo. Dari pertigaan tongas silahkan saja menuju ke selatan dengan mengikuti jalan tersebut.

Disepanjang jalan Anda akan disuguhkan pemandangan yang cukup indah. Sekitar 30 menit dari pertigaan Tongas, terdapat pertigaan lagi dan Anda harus belok ke kanan untuk menuju air terjun. 30 menit kira-kira dari pertigaan tadi, Anda akan sampai di Area Air Terjun.

Tiket Masuk

Untuk masuk ke wahana wisata ini anda hanya cukup membayar tiket sebesar Rp 11.000  per orang dan parkir sepeda motor sebesar Rp 5.000.

Setelah masuk Anda akan disambut oleh patung pati terkenal dari majapahit yang bernama pati Gajahmada. Dari patung tersebut Anda diharuskan berjalan kaki menuju Air Terjun kira-kira 30 menit Anda akan sampai di bawah Air Terjun Madakaripura.

Wisata Air Terjun

Dalam perjalanan Anda akan melewati jalan setapak yang sudah dipersiapkan oleh pihak Perhutani untuk memanjakan para wisatawan domestik maupun mancanegara.

Rasa pegal lelah dan letih akan bercampur menjadi satu dalam perjalanan Anda menuju ke air terjun ini. Terutama jika Anda tidak terlalu sering berjalan kaki.

Oleh karena itu, sebelum pergi ke tempat ini, disarankan untuk melatih otot kaki Anda dengan memperbanyak jalan kaki, joggging atau berolahraga dengan treadmill.

Setelah Anda bersabar berjalan selama setengah jam, Anda akan melihat pemandangan dari bawah air terjun Madakaripura ini. Di bawah air terjun terdapat kolam alami yang luasnya kira kira 10 meter kali 5 meter dengan kedalaman hampir 20 meter.

Wow.. Coba bayangkan jika Anda berenang di kolam ini. Pasti segar sekali, sambil berenang sambil menikmati derasnya air yang jatuh menambah sensasi tersendiri bagi anda sekalian.

Dibalik air terjun terdapat sebuah kubangan atau gua kecil berbentuk hampir lingkaran yang berdiameter sekitar 1 meter dan dalam 1 meter.

Setelah menikmati indahnya air terjun ini, Anda akan betah berlama-lama dan enggan untuk beranjak dari air terjun tersebut. Pihak Perhutani membuka tempat wisata ini dan memperbolehkan wisatawan masuk hanya sampai pukul 4 sore.

Diatas waktu tersebut air terjun ini akan ditutup. Jadi usahakan untuk berangkat lebih pagi jika Anda ingin merasakan kesegaran dan keindahan air terjun madakaripura ini untuk waktu yang lama. Sekedar saran jika ingin berlibur ke Air Terjun Madakaripura karena medan dan air bisa jadi kurang bersahabat.